Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2017): Widyagogik

PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL MACROMEDIA FLASH DAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Muhtarom Muhtarom (SDN Pendabah 3, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan)



Article Info

Publish Date
17 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa SD melalu penggunaan media Power point dan macromedia flash. Subjek penelitian ini adalah kelas III, yang berjumlah 20 siswa di SD Pendabah 3 KecĀ  Kamal Bangkalan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes awal, tes hasil belajar I dan II, observasi dan wawancara. Tes yang diberikan masing-masing sebanyak 10 soal. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal diperoleh 12 dari 20 siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 59.20 dan tingkat ketuntasan belajar klasikal 60,00%. terdapat 14 dari 20 siswa mencapai ketuntasan belajar sedangkan 6 siswa lainnya belum tuntas dengan rata-rata kelas 64,90 dan tingkat ketuntasan belajar klasikal 70,00%. Karena ketuntasan belajar klasikal belum tercapai maka dilanjutkan ke siklus II. Setelah tindakan siklus II diberikan , yaitu melakukan interaktif dengan media komputer, terdapat 17 dari 20 siswa mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa lainnya belum tuntas dengan rata-rata kelas 82,35 dan tingkat ketuntasan belajar klasikal 85,00%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

WIDYAGOGIK

Publisher

Subject

Education

Description

Widyagogik, terbit dua kali setahun berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran sekolah ...