Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen dengan cara ujicoba dalam bentuk model dan instrumen, berdasarkan pertimbangan pakar dan penilaian dari praktisi/pengguna yang dilakukan melalui FGD dapat menggambarkan keterpenuhan validitas konstruk, tingkat reliabilitas, dan kriteria fit model yang pengukurannya dapat disimpulkan telah memenuhi syarat sebagai salah satu model dan instrumen yang dapat digunakan dalam evaluasi program bimbingan dan konseling SMP Kab. Kudus sehingga dapat menjadi acuan dalam guru bimbingan dan konseling/ konselor sekolah dalam meningkatkan keefektifan kinerjanya. Dengan ujicoba instrumen sebanyak 50 guru bimbingan dan konseling SMP se Kabupaten Kudus meliputi 9 kecamatan diperoleh hasil reliabitas 0,952. Dengan demikian, model CSE-UCLA dapat digunakan untuk mengevaluasi program layanan bimbingan dan konseling dan dapat menjadi alat ukur efektivitas kinerja guru bimbingan dan konseling. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti lain yang akan meneliti tentang evaluasi CSE-UCLA atau yang akan melanjutkan penelitian tentang evaluasi CSE-UCLA yang penulis lakukan, alangkah lebih baiknya apabila melakukan uji coba dengan kawasan yang lebih besar dengan mengujikan uji efektivitasnya sehingga dapat terlihat dengan jelas efektivitas modelnya. This development research aims to build instrument by counducting an experiment using models and instruments under consideration of experts and the assessment from the practicioners/users. Such instrument as conducted through an FGD so the result fulfill the requirements of constructions validity, reliability levelsare qualified as one of the model and instruments can be used as evaluation of guidance and counseling program at junior high school in Kudus. Hopefully, these model and instruments can be used asa areference by wich the guidance and counseling he guidance and counseling teachers of Junior High School in Kudus can improve their performance effectiveness. The sample are 50 junior high school guidance and counseling teachers form 9 kecamatan (districts) of Kudus within reliability 0,952. Not only the CSE-UCLA models is an appropriate model for evaluating the guidance and counseling service and become the measurement in measuring performance effectiveness of the guidance and counseling teachers. For those who wont to conduct a research on CSE-UCLA evaluation or continue this research, it will be much better if it is conducted in wider area so that tehe effectiveness of the model will be more vivid.
Copyrights © 2014