Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 29, No 2 (2019)

Pengembangan aplikasi chat bot guna membantu perusahaan dalam mengedukasi pelanggan dengan sistem natural language processing

Firman Syahputra, Yohanes Dhimas (Unknown)
Patmanthara, Syaad (Unknown)
Herwanto, Heru Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Hasil pengembangan aplikasi kecerdasan buatan berupa chat bot guna membantu perusahaan dalam melakukan edukasi customer dengan sistem natural language processing (NLP) diperoleh melalui metode pengembangan sistem. Dimana chat bot guna membantu perusahaan dalam melakukan edukasi customer dengan sistem NLP ini dikembangkan untuk komputer dapat melakukan tugas tertentu seperti yang dilakukan oleh manusia seperti robot chatting (chatbot), yaitu sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat melakukan percakapan dengan pengguna. Kepintaran chatbot dalam menjawab pertanyaan ditentukan oleh banyaknya data set sehingga perbanyak data jawaban agar lebih banyak memahami pertanyaan dari pelanggan. Berdasarkan hasil uji coba pengembangan Chatbot yang telah dilakuan skor yang diproleh adalah 88,94%. Berdasarkan tabel kategori kelayakan, maka chat bot yang dikembangkan dalam penelitian dapat dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan dalam pengembangannya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...