Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol 9, No 1 (2019)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS CERITA FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Widayanti, Luh (Unknown)
Sutama, I Made (Unknown)
Wisudariani, Ni Made Rai (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar menulis dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu, post test only control group design. Kelompok eksperimen pada penelitian ini adalah kelas VII H dan kelompok kontrol adalah kelas VII G. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dalam bentuk penugasan berupa penulisan cerita fabel. Data dianalisis melalui uji prasyarat, menggunakan uji-t sampel independent (tidak berkorelasi) dengan kriteria pengujian jika thitung > ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung  sebesar 5,48. Sementara, ttabel dengan taraf signifikan 5% dan db = n1 + n2 -2adalah 1,67. Ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, perbedaan hasil belajar menulis cerita fabel kedua kelompok signifikan. Hasil perhitungan uji-t yang signifikan, menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe problem posing terhadap hasil belajar menulis cerita fabel.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...