Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol 1, No 5 (2013)

PERFORMANSI GURU DALAM PEMANFAATAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BLAHBATUH

Handayani, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2013

Abstract

PERFORMANSI GURU DALAM PEMANFAATAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BLAHBATUH oleh   Ni Gusti Made Dwi Handayani 0712011003 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha   ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) variasi-variasi yang dimunculkan guru bahasa Indonesia ketika mengajar, (2) performansi guru dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, (4) usaha guru mengatasi masalah yang dihadapi dalam mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 Blahbatuh. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisis dengan langkah sebagai berikut: reduksi, penyajian, dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performansi guru dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi ketika mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Blahbatuh bervariasi yakni (1) variasi gaya mengajar yang meliputi variasi suara, pemusatan perhatian, kontak pandang, perubahan posisi, kesenyapan, gerak dan mimik, (2) variasi penggunaan media dan bahan ajar yang meliputi variasi visual (papan tulis, power point, buku teks), audio (rekaman, suara langsung yang digunakan guru serta suara siswa), dan taktil, (3) variasi pola interaksi dan kegiatan siswa yang meliputi pola interaksi satu arah, dua arah, dan multi arah. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengadakan variasi yakni (1) perhatian siswa yang menurun, (2) kurangnya partisipasi siswa, (3) kurangnya waktu untuk menambah materi pelajaran, (4) kesulitan mendapatkan media. Usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi yakni (1) memvariasikan gaya mengajar, (2) mengadakan diskusi kelompok dan memberikan penguatan berupa hadiah, (3) menyuruh siswa mencari materi terkait melalui internet, toko buku ataupun mengunjungi perpustakaan, (4) saling tukar atau meminta media pembelajaran dengan guru sejawat dari sekolah yang sama atau dari sekolah lain. Kata kunci: performansi, keterampilan, variasi, pembelajaran, bahasa Indonesia

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...