Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol 4, No 1 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

TA’LĪM MAHĀRAH AL-KALĀM KHĀRIJ AL-FASL ‘ALA DLAUI AL-MADKHAL AL-ITTHISHĀLĪ

Nurul Hana Mustofa (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Arwan Rifa'i (Intitut Aagama Islam Negeri, Kediri)
Imam Muttaqin (Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo.)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab dapat dilakukan di luar kelas dengan pendekatan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab di luar kelas berdasarkan perspektif pendekatan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data lalu dianalisa menggunakan metode analisa Miles dan Hubberman. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa; pembelajaran kemampuan bahasa Arab di luar kelas berdasarkan perspektif pendekatan komunikatif dilakukan dengan memperhatikan tujuan, materi, strategi, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab komunikatif. Tujuan pembelajaran komunikatif adalah latihan penggunaan bahasa Arab dalam komunikasi. Sedangkan materinya adalah materi yang dikembangkan dari buku ajar pemerintah, dan penggunaan hal-hal yang nyata. Stragei yang digunakan adalah kegiatan komunikatif antar siswa. Adapun evaluasi yang digunakan terdiri dari tes lisan dan tes tulis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Talim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ta’lim Al-Arabiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education in the world. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teacher Training, Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung, Indonesia, ...