Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol 3, No 2 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

ISTIKHDĀM NAMŪDAJ AL HAROKIYYAH AL SYAM’IYYAH AL BASHORIYYAH AL ‘AQLIYYAH (SAVI) FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH WA ATSARUHU FĪ QUDRAH AL TALĪMĪDZ ‘ALA FAHM AL MAQRŪ

Imam Turmudi (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Ilyas Rifai (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Mudiyanto Mudiyanto (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2019

Abstract

Masalah yang terdapat di kelas X IIS 1 MA Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung adalah kesulitan siswa dalam belajar kosa kata Arab. Dalam hal ini, penulis ingin meneliti pembelajaran kosa kata bahasa Arab menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy sebelum dan sesdudahnya serta serta pengaruhnya terhadap Fahmul Maq'ru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, tes (free test dan post test) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Fahmul Maq'ru, karena hasil perhitungan menunjukan bahwa τ hitung lebih besar dari pada τ tabel yaitu 176>  126.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Talim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ta’lim Al-Arabiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education in the world. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teacher Training, Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung, Indonesia, ...