Tujuan utama pengembangan lingkungan Embung Cempaka dengan kerjasama pengelola adalah untuk meningkatkan kualitas agar layak memasuki pangsa pasar wisata dengan menambah beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam sebuah wisata. Permasalahan yang ada dalam Embung ini adalah kurangnya spot foto yang menarik atau biasa disebut kurang instagramable, selain itu fasilitas kamar mandi yang belum ada pemisahan antara laki-laki dan perempuan, penunjuk arah menuju tempat Embung dan lain-lain. Beberapa permasalahan yang ada tersebut menjadi inspirasi untuk mengembangkan Embung dengan cara melengkapi hal-hal yang perlu, pendampingan manajemen Embung, dan pemasaran agar menarik lebih banyak pengunjung, oleh karena itu metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan spot foto, memberikan tanda pemisah kamar mandi laki-laki dan perempuan, promosi melalui media sosial, serta mengajarkan manajemen Embung. Hasil dari kegiatan ini adalah mempersiapkan agar Embung Cempaka siap memasuki pangsa pasar wisata, meningkatkan jumlah pengunjung, menjadi wisata berbasis Ecotourism, dan adanya media sosial yang dapat mendukung dalam memasarkan potensi secara luas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019