ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis
Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI

PERBANDINGAN ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY TOKO ONLINE BUKALAPAK DAN TOKOPEDIA

Bernard Edwin Silaban (Institut Bisnis Nusantara)
Aji Darmawan (Alumni Institut Bisnis Nusantara)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2018

Abstract

Mengelola brand equity saat ini merupakan bagian yang sangat penting karena merupakan salah satu aset yang paling valuable bagi suatu perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek toko online Bukalapak dan Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Data yang dikumpulkan melalui survei lapangan, dengan menyebar kuesioner kepada 150 mahasiswa di Institut Bisnis Nusantara, Universitas Negeri Jakarta, dan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti, dengan Teknik Judgemental Sampling. Untuk analisis kesadaran merek dilakukan dengan cara tabulasi data, untuk asosiasi merek menggunakan uji cochran’s, dan untuk analisis persepsi kualitas dan loyalitas merek dilakukan dengan cara menghitung rata-rata dan rentang skala. Hasil penelitian pada kesadaran merek menunjukkan bahwa toko online Tokopedia lebih unggul dari Bukalapak. Analisis asosiasi merek menunjukkan bahwa asosiasi pembentuk brand image pada kedua merek relatif sama, yaitu sama-sama memiliki 6 asosiasi. Pada analisis persepsi kualitas kedua merek memiliki nilai rata-rata yang relatif sama yaitu baik. Dan pada analisis loyalitas merek, untuk tingkatan liking the brand dan committed buyer toko online Bukalapak lebih unggul daripada Tokopedia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ESENSI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL ESENSI adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Manajemen Institut Bisnis Nusantara, dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan ilmiah dalam lingkup Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Komunikasi, Komputer, dan Bahasa ...