cover
Contact Name
Farizal Andriansyah
Contact Email
andriansyah.farizal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
farizal@ibn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis
ISSN : 14108992     EISSN : 26542757     DOI : -
JURNAL ESENSI adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Manajemen Institut Bisnis Nusantara, dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan ilmiah dalam lingkup Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Komunikasi, Komputer, dan Bahasa Asing.
Arjuna Subject : -
Articles 252 Documents
EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PUBLIK Dikson Silitonga
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.223 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.4

Abstract

In general, this research is aimed at evaluating to what extent the effectiveness of implementation of National Exam policy in mapping and increasing the quality of primary education in Indonesia. By using the Stake’s Countenance evaluation model, this research uses a qualitative and descriptive statistic (simple quantitative) approach with the techniques of data collection through a library study as secondary data sources, deep interviews and observation as primary data sources. On the transaction phase (policy implementation), principally most of the policy have been working in accordance with the regulation, although some of weakness are still found. Weakness in the implementation stage and the unclear follow up improvement over the results of national exam annually by the organizer, gives impact to the unsatisfactory of the national exam policy.
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI PEMODERASI Triasesiarta Nur
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1680.677 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap Kebijakan Dividen dengan firm size sebagai pemoderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Regresi Tobit digunakan untuk menganalisis bagaimana variabel independen dan moderasinya mempengaruhi variabel dependen. Melalui seleksi sampel, diperoleh 103 perusahaan sebagai sampel atau sebanyak 515 observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, sementara likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan dividen. Firm size signifikan memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen, sementara tidak signifikan memoderasi pengaruh likuiditas terhadap kebijakan dividen.
PERBANDINGAN ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY TOKO ONLINE BUKALAPAK DAN TOKOPEDIA Bernard Edwin Silaban; Aji Darmawan
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3519.953 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.6

Abstract

Mengelola brand equity saat ini merupakan bagian yang sangat penting karena merupakan salah satu aset yang paling valuable bagi suatu perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek toko online Bukalapak dan Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Data yang dikumpulkan melalui survei lapangan, dengan menyebar kuesioner kepada 150 mahasiswa di Institut Bisnis Nusantara, Universitas Negeri Jakarta, dan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti, dengan Teknik Judgemental Sampling. Untuk analisis kesadaran merek dilakukan dengan cara tabulasi data, untuk asosiasi merek menggunakan uji cochran’s, dan untuk analisis persepsi kualitas dan loyalitas merek dilakukan dengan cara menghitung rata-rata dan rentang skala. Hasil penelitian pada kesadaran merek menunjukkan bahwa toko online Tokopedia lebih unggul dari Bukalapak. Analisis asosiasi merek menunjukkan bahwa asosiasi pembentuk brand image pada kedua merek relatif sama, yaitu sama-sama memiliki 6 asosiasi. Pada analisis persepsi kualitas kedua merek memiliki nilai rata-rata yang relatif sama yaitu baik. Dan pada analisis loyalitas merek, untuk tingkatan liking the brand dan committed buyer toko online Bukalapak lebih unggul daripada Tokopedia.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KIDZANIA - PT. ARYAN INDONESIA Albert Budiyanto; Dimas Nanda Adibrata
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.592 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.7

Abstract

Persaingan bisnis dewasa ini tidak hanya bertumpu pada kualitas produk, melainkan lebih kepada kualitas pelayanan, yang lebih mendorong pelanggan untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Pelayanan yang bermutu tidak hanya dilihat dari hasilnya saja tetapi juga kualitas yang diberikan pada pelanggan perusahaan tersebut, dari awal pelanggan datang ke perusahaan hingga pelanggan menerima hasil yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Untuk dapat menetapkan strategi kualitas pelayanan yang tepat, perlu dilakukan pengukuran melalui lima dimensi kualitas pelayanan. Pada perkembangan pasar globalisasi saat ini perusahaan perlu mengubah pandangannya dari pradigma lama ke pradigma baru yang memandang produk dan jasa dari kacamata konsumen. Fokus pradigma baru ini adalah bukan pada bagaimana membuat produk dan jasa, tetapi bagaimana sebaiknya memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Karena kekuatan pemasaran berbeda dengan apa yang dipelajari, dirasakan, dilihat, dan didengar konsumen. Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat mempengaruhi loyalitas pelanggannya.
KOMPETENSI PEMIMPIN MENGHADAPI ABAD 21 Susi Adiawaty
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.793 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.8

Abstract

Menghadapi perkembangan perekonomian yang berdampak pada perkembangan dan persaingan dunia bisnis, perusahaan akan menghadapi lima tantangan yang akan dihadapi pada situasi perdagangan global : 1. Dampak ancaman terorisme internasional yang terus belangsung pada perskonimian, 2. Pergeseran kearah ekonomi informasi global, 3. Menuanya populasi dunia, 4. Kebutuhan untuk memperbaiki mutu dan layanan pelanggan dan 5. Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan bersaing dari tenaga-tenaga kerja di setiap negara. Seorang pemimpin dintuntut memiliki kompetensi yang tinggi yang dapat menyesuaikan pola berfikir mengikuti perubahan perkembangan bisnis dan perekonomian yang terjadi pada abad ke 21 ini. Kompetensi adalah sesuatu yang seseorang tunjukkan di tempat kerja setiap hari yang mencakup perilaku, bukan sifat-sifat kepribadian maupun ketrampilan dasar yang ada di dalam ataupu di luar tempat kerja. Di Indonesia, perusahaan negara yaitu BUMN juga menghadapi situasi yang sama dan harus mampu membawa BUMN kearah persaingan bisnis di abad 21. Untuk menghadapi perkembangan dan persaingan dunia bisnis tersebut, Kementrian BUMN telah menerbitkan Peraturan Menteri BUMN nomor PER-14/MBU/10/2014 tentang standar kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara di lingkungan BUMN. Diterbitkannya aturan tersebut tidak hanya untuk standar aparatur pegawai negeri tapi juga sebagai standar dalam seleksi calon direksi/pejabat BUMN. Dalam peraturan tersebut ditetapkan hal-hal yang dapat mengukur kompetensi individu dan hasil yang diperoleh dapat menjadi acuan untuk menugaskan direksi BUMN. Kompetensi yang dituntut seorang direktu BUMN adalah kompetensi yang dapat dibagi menjadi kompetensi yang merupakan aspek personal, kompetensi yang merupakan aspek interpersonal, kompetensi dalam memenej bisnis perusahaan serta kompetensi dalam menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin.
ADVERSE SELECTION IN BID ASK SPREAD FOR INDONESIAN BLUE CHIP STOCKS Daulat H.H. Pohan; Angelia Josephine
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2571.434 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.9

Abstract

The objectives of this study were to observe the relationship among adverse selection, corporate governance, and ownership pattern in Indonesia. There are several conclusions that can be taken from the result. First, adverse selection exists in Indonesian companies. Second, corporate governance may not affect adverse selection. Third, the pattern of ownership may not affect adverse selection. These conclusions show that it is wiser for investors not to use only corporate governance or ownership pattern for investment decisions in Indonesia.
PENGARUH QUALITY CONTROL CIRCLE TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK. SP. Attang Soeseno; Fatkhur Rizal Jamal
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1352.85 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.10

Abstract

Quality Control Circle (QCC) sebagai suatu sarana memerbaiki kualitas dan produktivitas secara terus menerus pada kelompok kerja dinilai sesuai bagi pencapaian target kinerja organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana QCC berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh QCC terhadap kinerja karyawan pada PT. Astra Internasional Tbk.-Daihatsu Sales Operation, Cabang Pondok Cabe.
TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI PERGURUAN TINGGI Moh. Muslim; Sururin Sururin
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1355.714 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.11

Abstract

Total Quality Management merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota. Penerapan TQM sangat berkaitan erat dengan kualitas. Dengan demikian TQM memberikan landasan bagi manajemen mutu dan merupakan suatu alternatif dalam menjamin kepuasan pelanggan. Sistem penjaminan mutu merupakan sarana untuk mendorong terwujudnya lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi. Kebijakan yang ditetapkan agar lulusan perguruan tinggi terjamin mutunya adalah dengan menetapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada masing-masing perguruan tinggi. SPMI dipandang sebagai salah satu solusi untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. Oleh karena itu SPMI dimaksudkan untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi itu sendiri secara berkelanjutan.
PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON ASSET, CURRENT RATIO DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014 Sakinah Sakinah; Albertus Karjono
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2144.951 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i2.15

Abstract

Pasar modal merupakan sarana yang efektif bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu juga untuk peningkatan penanAman modal oleh investor. Semakin banyak investor yang menanamkan modalnya pada suatu perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan. Nilai perusahaan sangat dipengaruhi oleh profitabilitas perusahaan, yang tercermin dari harga saham dan kinerja laporan keuangan yang positif. Untuk meyakinkan investor perusahaan perlu pengawasan eksternal yang independen. Semakin tinggi reputasi audit diyakini kualitas audit juga membaik. Kelompok auditor Big Four dan non Big Four merupakan sebagian klasifikasi dari reputasi audit pada Kantor Akuntan Publik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variable DER, ROA, CR dan Reputasi Auditor terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI perode 2010-2014. Sampel diambil dengan metode purposive sampling, yaitu dengan teknik tertentu. Dari laporan keuangan tersebut diperoleh 24 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan statistik Deskriptif, uji asumsi klasik, uji spesifikasi model dan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 1%, 5% dan 10%. Hasil penelitian dengan menggunaka PER sebagai proksi nilai perusahaan, secara signifikan dipengaruhi oleh ROA dengan tingkat signifikansi sebesar 0,0723, CR dengan tingkat signifikansi 0,0362 dan reputasi auditor dengan tingkat signifikansi 0,0051. Sedangkan seluruh variabel ini mempengaruhi sebesar 11,11% terhadap nilai perusahaan. Sedangkan 88,88% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain dari variabel yang diteliti pada penelitian ini.
PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA Aloysius Harry Mukti
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 1 (2018): JURNAL ESENSI
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1647.355 KB) | DOI: 10.55886/esensi.v21i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemilikan institusional terhadap manajemen laba. Sampel penelitian ini adalah Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 - 2015. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria sampel maka jumlah perusahaan yang dianalisis adalah sebanyak 64 tahun perusahaan (firm year). Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 24. Hasil analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji regresi linier. Uji asumsi klasik sudah dilakukan dengan pengujian normalitas data, heterokedastisitas dan autokorelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu diversifikasi perusahaan signifikan positif berpengaruh terhadap manajemen laba.

Page 1 of 26 | Total Record : 252


Filter by Year

2007 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 27 No 3 (2024): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 27 No 2 (2024): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 27 No 1 (2024): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 26 No 3 (2023): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 26 No 2 (2023): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 26 No 1 (2023): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 25 No 3 (2022): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 25 No 2 (2022): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 25 No 1 (2022): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 24 No 3 (2021): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 24 No 2 (2021): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 24 No 1 (2021): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 23 No 3 (2020): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 23 No 2 (2020): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 23 No 1 (2020): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 22 No 3 (2019): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 22 No 2 (2019): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 22 No 1 (2019): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 3 (2018): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis Vol 21 No 2 (2018): JURNAL ESENSI Vol 21 No 1 (2018): JURNAL ESENSI Vol 20 No 3 (2017): JURNAL ESENSI Vol 20 No 2 (2017): JURNAL ESENSI Vol 20 No 1 (2017): JURNAL ESENSI Vol 19 No 3 (2016): JURNAL ESENSI Vol 19 No 2 (2016): JURNAL ESENSI Vol 18 No 3 (2015): JURNAL ESENSI Vol 18 No 2 (2015): JURNAL ESENSI Vol 18 No 1 (2015): JURNAL ESENSI Vol 15 No 3 (2012): JURNAL ESENSI Vol 15 No 1 (2012): JURNAL ESENSI Vol 14 No 1 (2011): JURNAL ESENSI Vol 13 No 3 (2010): JURNAL ESENSI Vol 13 No 1 (2010): Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufakt Vol 11 No 1 (2008): ESENSI : Jurnal Manajemen Vol 10 No 2 (2007): ESENSI:Jurnal Manajemen More Issue