Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang

ANALISIS FAKTOR PENENTU/PEMBEDA AKSESIBILITAS UMKM TERHADAP KREDIT/MODAL USAHA PERBANKAN DI JAWA TENGAH

Laeli Sugiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor penentu/pembeda UMKM dalam mengakses kredit/modal usaha perbankan di Jawa Tengah. Analisis data menggunakan regresi logistik. Penelitian menggunakan data sekunder dari hasil Sensus Ekonomi (SE) di Jawa Tengah tahun 2016 yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Penelitian menyimpulkan bahwa ada 3 karakteristik utama yang menentukan/membedakan UMKM dalam mengakses kredit/modal usaha perbankan, yaitu: Status Badan Usaha,  Kemitraan Usaha, dan jenjang pendidikan pengusaha.UMKM yang berbadan usaha Firma berpotensi dapat mengakses kredit/modal usaha perbankan 2.404 kali lebih tinggi daripada UMKM yang tidak berbadan usaha. UMKM yang menjalin Kemitraan Usaha berpotensi dapat mengakses kredit/modal usaha perbankan 1.812 kali lebih tinggi daripada UMKM yang tidak menjalin kemitraan usaha. Pengusaha UMKM yang bependidikan SMK berpotensi dapat mengakses kredit/modal usaha perbankan 1.697 kali lebih tinggi daripada UMKM yang pelakunyaberstatus pendidikan tidak bersekolah/tamat SD.Kata Kunci : Aksesibilitas kredit/modal usaha perbankan, UMKM, regresi logistik.

Copyrights © 2019