Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada peningkatan kemampuan membaca nyaring teks pendek pada siswa, juga meningkatkan aktivitas membaca yang dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan diĀ SDN 01 Podo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 21 anak. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan membaca nyaring teks pendek juga keaktifan membaca sehingga menciptakan KBM yang menyenangkan. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu bahwa penggunaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dapat menunjukkan perubahan, dari siswa yang tadinya pasif saat KBM berubah menjadi aktif saat KBM.Kata Kunci: Membaca Nyating; Teks Pendek; Metode SAS
Copyrights © 2016