Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 1, No 1 (2016): Edisi September 2016

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI LEMBAGA-LEMBAGA SUSUNAN PEMERINTAHAN PROPINSI MENGGUNAKAN METODE CARD SORT

Sutikno, Mohammad (SD Negeri Ambokembang, Pekalongan, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan metode Card Sort dalam meningkatkan pemahaman siswa, (2) menganalisa peningkatan kemampuan siswa pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Ambokembang semester I pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa keberhasilan siswa terhadap materi pelajaran PKn pokok bahasan lembaga-lembaga susunan pemerintahan Propinsi dengan menggunakan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan belajar pra siklus dari jumlah 24 siswa yang mendapat nilai di atas 70 hanya 8 siswa (12,5 %) dengan rata-rata nilai 58,75, sehingga masih ada 16 siswa (87,5%) yang belum tuntas. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, menunjukkan kemajuan walaupun ketuntasan belajar masih 29,17 % atau 7 siswa yang tuntas dari 24 siswa dengan rata-rata 70 dan 70,83 % atau 17 siswa belum tuntas. Pada perbaikan pembelajaran siklus II hasil analisis nilai tes menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Dari 24 siswa tersebut yang mendapat nilai 100 ada 2 siswa , 19 siswa (79,17 %) telah tuntas dengan rata-rata nilai 79,58, dan ada 5 siswa (20,83 %) yang nilainya masih di bawah 70 dan belum tuntas.   Kata Kunci: Lembaga-Lembaga; Pemerintah Propinsi; Card Sort

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...