Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan KPK dan FPB dalam pembelajaran Matematika, (2) Mengetahui penerapan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan KPK dan FPB dalam pembelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 01 Kebonsari, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan KPK dan FBPB  yang ditunjukkan dari hasil tes evaluasi pada siklus II. Penerapan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran Matematika yang dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung.   Kata Kunci: KPK; FPB; Tutor Sebaya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016