Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 1, No 2 (2016): Edisi Desember 2016

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI AJAR FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBATALKAN SHALAT

-, Jumadi - (SD Negeri Randusari 03 Tegal)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2017

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih banyak ditemukan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM dan proses belajar mengajar yang dilaksanakan guru kurang efektif. kemudian dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran kontekstual pada kompetensi hal-hal yang membatalkan shalat. Diharapkan dengan adanya perbaikan metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas hanya mencapai 77,5 dan ketuntasan belajar dari 24 siswa adalah 15 siswa yang tuntas atau  62,5%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, ketercapaian nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 85,41 dengan 23 siswa dinyatakan tuntas. Sedangkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 4,3 dan mengalami kennaikan menjadi 5,0 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada kompetensi hal-hal yang membatalkan shalat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...