Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 1, No 2 (2016): Edisi Desember 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI AJAR SIMETRI DAN PENCERMINAN BANGUN DATAR

-, Maryadi - (SD Negeri Prupuk Selatan 03 Margasari Tegal)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi simetri dan pencerminan bangun datar, hal ini ditunjukkan dengan hasil ulangan Matematika dengan nilai rata-rata yaitu 64,4, belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi simetri dan pencerminan bangun datar melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I, persentasenya mencapai 66% kemudian pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 84%. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasil belajar pada Siklus I terdapat 19 siswa atau 76% yang  tuntas dan 6 siswa atau 24% belum tuntas. Hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 96% atau 24 siswa telah tuntas dan masih terdapat 1 siswa atau 4% yang belum tuntas belajarnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...