Penelitian ini didasari pada rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SDN Kemurang Kulon 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes ketika mengikuti pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Tandur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Alat yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar angket. Observasi digunakan guru untuk mengamati secara langsung motivasi belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran Matematika, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui prosentase peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan setiap siklus. Pada prasiklus motivasi belajar siswa hanya sebesar 14,25%. Pada siklus I meningkat menjadi 71,42%. Perilaku siswa menjadi semakin aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran. Hal tersebut membuktikan bahwa strategi Tandur dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016