Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 1, No 2 (2016): Edisi Desember 2016

PENERAPAN STRATEGI TANDUR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

-, Waskhudin - (SD Negeri Kemurang Kulon 02 Tanjung Brebes)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini didasari pada rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SDN Kemurang Kulon 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes ketika mengikuti pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Tandur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Alat yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar angket. Observasi digunakan guru untuk mengamati secara langsung motivasi belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran Matematika, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui prosentase peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan setiap siklus. Pada prasiklus motivasi belajar siswa hanya sebesar 14,25%. Pada siklus I meningkat menjadi 71,42%. Perilaku siswa menjadi semakin aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran. Hal tersebut membuktikan bahwa strategi Tandur dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...