Kegiatan belajar mengajar PKn di kelas V selama ini masih kurang efektif dan berpusat pada guru saja. Di dalam kelas sebagian besar siswa hanya pasif mendengarkan dan mencatat materi yang diajarkan. Banyak model pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menganalisis data aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama pada siswa. Pada kondisi awal, terdapat 5 siswa atau 29% telah tuntas dalam belajarnya. Pada Siklus I terdapat 11 siswa atau 65% yang tuntas belajarnya. Pada Siklus II terdapat 16 siswa atau 94% yang tuntas belajarnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017