Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn tentang budaya politik, ditandai dengan rata-rata kelas hanya sebesar 62, dengan ketuntasan 56% sehingga dikatakan belum tuntas belajar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran  dan  meningkatkan  penguasaan materi siswa terhadap materi pokok menceritakan arti dan nilai budaya politik melalui pendekatan cooperative script. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan  deskriptif kuantitatif  dengan menganalisis  data aktivitas  dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, terbukti bahwa  prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus dengan rata rata kelas hanya 64 dengan ketuntasan belajar 49%. Pada siklus I rata-rata mencapai 77,5 dengan ketuntasan 63%, pada siklus II rata-rata kelas mencapai 85 dengan ketuntasan mencapai 96%, metode cooperative script dalam kegiatan pembelajaran yang mencukupi kebutuhan siswa dapat meningkatkan aktivitas siswa tentang kompetensi dasar budaya politik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017