Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 2, No 1 (2017): Edisi Maret 2017

PENDEKATAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG BUDAYA POLITIK

Antoro, Budi Murni (SMA Negeri 01 Dukuhwaru Kabupaten Tegal)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn tentang budaya politik, ditandai dengan rata-rata kelas hanya sebesar 62, dengan ketuntasan 56% sehingga dikatakan belum tuntas belajar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran  dan  meningkatkan  penguasaan materi siswa terhadap materi pokok menceritakan arti dan nilai budaya politik melalui pendekatan cooperative script. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan  deskriptif kuantitatif  dengan menganalisis  data aktivitas  dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, terbukti bahwa  prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus dengan rata rata kelas hanya 64 dengan ketuntasan belajar 49%. Pada siklus I rata-rata mencapai 77,5 dengan ketuntasan 63%, pada siklus II rata-rata kelas mencapai 85 dengan ketuntasan mencapai 96%, metode cooperative script dalam kegiatan pembelajaran yang mencukupi kebutuhan siswa dapat meningkatkan aktivitas siswa tentang kompetensi dasar budaya politik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...