Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 2, No 1 (2017): Edisi Maret 2017

MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PERSEBARAN SUMBER DAYA LINGKUNGAN MELALUI METODE THINK PAIR END SHARE

-, Agussalim - (Universitas Muhammadiyah Button)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode Think Pair And Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat pada pelaksanaan pembelajaran IPS materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat dengan menggunakan metode Think Pair And Share pada siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif, sehingga keberhasilan penelitian dilihat dan dua segi yaitu dan proses dan hasil (nilai) siswa. Hasil penelitian pada evaluasi siklus I menunjukkan hasil belajar siswa yaitu 24 siswa atau 66,67% mencapai ketuntasan belajar individual dan 12 siswa atau 33,33% tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 66,66 sedangkan Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 33 siswa atau 91,68% tuntas belajar dan 3 siswa atau 8,34% tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 79,02. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Metode think pair share dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat pada kelas IV SD Negeri 6 Baubau.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...