Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode Think Pair And Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat pada pelaksanaan pembelajaran IPS materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat dengan menggunakan metode Think Pair And Share pada siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif, sehingga keberhasilan penelitian dilihat dan dua segi yaitu dan proses dan hasil (nilai) siswa. Hasil penelitian pada evaluasi siklus I menunjukkan hasil belajar siswa yaitu 24 siswa atau 66,67% mencapai ketuntasan belajar individual dan 12 siswa atau 33,33% tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 66,66 sedangkan Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 33 siswa atau 91,68% tuntas belajar dan 3 siswa atau 8,34% tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 79,02. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Metode think pair share dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat pada kelas IV SD Negeri 6 Baubau.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017