Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMBINAAN BERKELANJUTAN

-, Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi Guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilaksanakan ini dalam 2 siklus, siklus I dan siklus II. Adapun tahapan-tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (Observasi) dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik non tes, sedangkan alat pengumpul data berbentuk butir tugas tertulis dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : rata-rata skor kemampuan guru dalam menyusun RPP pada siklus  I 75,5 atau 75,5 %, pada siklus II 94 atau 94%, indikator keberhasilan 80%. Hasil observasi motivasi dan keaktifan guru dalam mengikuti pembinaan pada siklus I 15,5 atau 73,80% pada siklus II meningkat menjadi 19,1 atau 90,95%, skor maksimal 21. Hasil angket pada siklus I rata-rata skor 70,5 atau 70,5%, di siklus II meningkat menjadi 84 atau 84%, skor maksimal 100. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah degan menerapkan pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan dan motivasi guru dalam menyusun RPP. Dengan selesainya penelitian ini peneliti sarankan kepada guru  bahwa guru  harus menguasai dan memahami pembuatan  RPP, sebab  RPP merupakan perangkat utama yang dipakai guru sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...