Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi memahami konsep bilangan pecahan pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedungsukun 01, dan 2) meningkatkan keterampilan memahami konsep bilangan pecahan pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan ini terbagi menjadi tiga siklus yang masing-masing dua kali pertemuan, dengan prosedur 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (action), 3) observasi (observation), dan 4) refleksi (reflektion) dalam setiap siklusnya. Waktu penelitian selama empat bulan yaitu pada bulan Januari sampai dengan April 2016. Subjek penelitian adalah peserta didik sebanyak 33 orang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, analisis dokumen,dan angket. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara trianggulasi, yaitu dengan menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut. 1) pembelajaran dengan menggunakan media Komik semakin meningkatkan motivasi memahami konsep bilangan pecahan peserta didik. Pada siklus I motivasi memahami konsep bilangan pecahan peserta didik mencapai 84,92%, pada siklus II mencapai 89,48% dan pada siklus III mencapai 94,52%. 2) Penggunaan media komik dapat meningkatkan keterampilan memahami konsep bilangan pecahan.
Copyrights © 2018