Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada rumusan masalah : Apakah penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah. Penelitian ini dilaksanakan, bulan Juli sampai dengan Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa dengan rincian 8 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, lembar pengamatan guru dalam proses pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari kondisi awal (60) menjadi 77,78, pada siklus II (kondisi akhir). Di samping itu jumlah siswa yang mencapai batas kriteria ketuntasan minimal pun meningkat dari 11 siswa pada kondisi awal menjadi 25 siswa pada kondisi akhir. Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah. Untuk itu guru diharapkan selalu menggunakan alat peraga yang tepat dalam pembelajaran untuk mengurangi verbalisme dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2018