Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018

PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF

-, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada rumusan masalah : Apakah penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah. Penelitian ini dilaksanakan, bulan Juli sampai dengan Desember 2016.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa dengan rincian 8 siswa laki-laki dan 18  siswa perempuan. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, lembar pengamatan guru dalam proses pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari kondisi awal (60) menjadi 77,78, pada siklus II (kondisi akhir). Di samping itu jumlah siswa yang mencapai batas kriteria ketuntasan minimal pun meningkat dari 11 siswa pada kondisi awal menjadi 25 siswa pada kondisi akhir. Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa penggunaan alat peraga/bahan manipulatif sedotan bilangan dan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian bilangan cacah. Untuk itu guru diharapkan selalu menggunakan alat peraga yang tepat dalam pembelajaran untuk mengurangi verbalisme dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...