Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATERI SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI METODE DISKUSI

Iriani, Sulistiyo Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi Soal Cerita Matematika melalui kegiatan penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 33 orang siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan aktivitas belajar dan tes prestasi belajar materi Soal Cerita Matematika. Teknik analisis data dengan membandingkan prosentasi aktivitas belajar dan prestasi belajar antar siklus, kemudian menafsirkannya dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase aktivitas belajar, siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, yaitu sangat aktif meningkat dari 9 % menjadi 24 %, aktif meningkat dari 19 % menjadi 27 %, cukup aktif naik dari 21 % menjadi 40 %, kurang aktif menurun dari 27 % menjadi 6 % , Tidak aktif turun dari 24 % menjadi 3 %. Ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan, yaitu pra siklus 42 %, siklus I menjadi 64 % dan siklus II meningkat menjadi 100 %. Rata-rata nilai atau daya serap juga mengalami kenaikan dari siklus I 64 naik menjadi 78. Simpulan: Metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi Soal Cerita Matematika pada siswa kelas IV.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...