Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 4, No 1 (2019): Edisi Agustus 2019

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK PENJUMLAHAN BILANGAN RATUSAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET

Purnomo, Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Kemampuan siswa dalam pembelajaran penjumlahan bilangan masih tergolong rendah, siswa  yang belum menguasai materi  penjumlahan dua bilangan.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa  tentang penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga benda konkret di sekitar  pada mata pelajaran Matematika.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) melalui dua siklus.  Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan benda konkret dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pengurangan bilangan cacah 21-40, terbukti bahwa  prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus sampai pada siklus II. Pada kondisi awal ketuntasan sebesar 25%, siklus I ketuntasan sebesar 65%  dan pada akhir siklus II ketuntasan sebesar 95%. Rata rata hasil belajar siswa pada kondisi awal sebesar 58, pada siklus I sebesar 72,5 dan pada siklus II  sebesar 87. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran telah berhasil., rasa percaya diri pada sebagian besar siswa tampak lebih meningkat yang dibuktikan dengan mengerjakan soal di papan tulis siswa dengan respon yang lebih cepat

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...