Kemampuan siswa dalam pembelajaran penjumlahan bilangan masih tergolong rendah, siswa yang belum menguasai materi penjumlahan dua bilangan.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tentang penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga benda konkret di sekitar pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan benda konkret dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pengurangan bilangan cacah 21-40, terbukti bahwa prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus sampai pada siklus II. Pada kondisi awal ketuntasan sebesar 25%, siklus I ketuntasan sebesar 65% dan pada akhir siklus II ketuntasan sebesar 95%. Rata rata hasil belajar siswa pada kondisi awal sebesar 58, pada siklus I sebesar 72,5 dan pada siklus II sebesar 87. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran telah berhasil., rasa percaya diri pada sebagian besar siswa tampak lebih meningkat yang dibuktikan dengan mengerjakan soal di papan tulis siswa dengan respon yang lebih cepat
Copyrights © 2019