Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 4, No 1 (2019): Edisi Agustus 2019

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT MODEL AJATAKA PADA MATERI AJAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

-, Sudiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Hasil ulangan harian materi Perkalian dan Pembagian sampai Dua Bilangan menunjukkan rata-rata nilai 58,86 dengan 14 siswa (40%) yang tuntas dan 20 siswa (60%) tidak tuntas. Serta dalam pembelajaran maupun dalam penugasan siswa cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian sampai dua bilangan melalui pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) model Ajataka (Aku Jawab Tantangan Kamu).  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data empirik diperoleh melalui pembelajaran bermedia kartu soal dapat meningkatkan aktivitas  belajar Matematika, dari level rendah 27% pada kondisi awal menjadi level tinggi 92% dan meningkatkan hasil belajar Matematika, dari level rendah 40% pada kondisi awal menjadi level tinggi 97,14%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang dilakukan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...