Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 4, No 1 (2019): Edisi Agustus 2019

PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS BAGI GURU

-, Waeningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kenyataan bahwa banyak guru yang belum profesional dalam melaksanakan proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian tindakan Sekolah ini adalah apakah dengan melaksanakan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyampaikan proses pembelajaran. Tindakan apa yang harus dilaksanakan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyampaikan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan profesionalisme guru dan meminimalkan kesalahan-kesalahan pada guru dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah semua guru berjumlah 8 orang guru. Penelitian tindakan sekolah ini ada empat tahapan pada setiap siklusnya, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Simpulan yang diperoleh setelah penelitian ini adalah dengan menerapkan supervisi klinis dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...