Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 4, No 2 (2019): Edisi Desember 2019

PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SUPERVISI KLINIS SECARA PERIODIK

-, Tiknoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Kemampuan dan kinerja para guru di SDN Kertayasa 03 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal menunjukkan kurang bergairah dan terkesan mengajar seadanya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian awal menunjukkan hasil kategori cukup yang meliputi nilai perencanaan 2,45 dan nilai pelaksanaan 2,46. Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanĀ  guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan strategi atau pendekatan siklus dengan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasiĀ  (pengamatan) dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, adanya perbaikan proses pembimbingan dari semula hanya 50 % sebelum siklus, menjadi 80 % pada siklus I dan 95 % pada siklus II. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa kegiatan supervisi klinis yang telah dilaksanakan secara periodik dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran. Peningkatan kinerja guru cukup menggembirakan yaitu yang semula rata-rata 2,46 dengan level cukup menjadi 3,65 level sangat baik.. Sehingga diharapkan dapat dijadikan acuan dalam peningkatan kualitas guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...