Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 5, No 1 (2020): Januari - April 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMOSTRASI DAN TEKNIK DRILL MATERI INSTALASI MOTOR LISTRIK PENGENDALI BERBASIS PROGAMMABLE LOGIC CONTROLLER

Purwanto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2020

Abstract

Dalam pembelajaran Instalasi Motor Listrik Pengendali Berbasis Progammable logic Controller (PLC) di mata siswa, merupakan pelajaran yang masih dianggap sulit dan membosankan. Motivasi siswa untuk belajar masih rendahnya, akibatnya hasil yang dicapai masih masih rendahnya. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar Instalasi Motor Listrik Pengendali Berbasis PLC dengan penerapan metode demonstrasi dan teknik drill. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi  % dan siklus 3 mencapai  %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan teknik drill dapat meningkatkan hasil  belajar dengan ketuntasan mencapai 100 %, dengan demikian penerapan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan teknik drill efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pelajaran Kewirausahaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...