Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 5, No 2 (2020): Mei - Agustus 2020

TINDAK TUTUR ESKPRESIF PERCAKAPAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK RAUDATUL ATHFAL BAITUL IMAN TEGAL DAN IMPLIKASINYA

Saputri, Wijanti Dwi (Unknown)
Triana, Leli (Unknown)
Khotimah3, Khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang tindak tutur ekspresif percakapan anak usia 4-5 tahun di TK Baitul Iman Kota Tegal dan implikasinya terhadap dalam bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur ekspresif pada percakapan anak usia 4-5 tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah bentuk tuturan siswa yang berusia 4-5 tahun, sedangkan wujud data berupa tuturan yang mengandung tindak tutur ekspresif. Teknik penyediaan data menggunakan teknik simak libat cakap (SLC) dan dilanjutkan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik daya pilah unsur penentu. Penyajian hasil analisis data secara informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur ekspresif pada anak usia 4-5 tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal terdapat 40 data tindak tutur ekspresif. Keempat puluh data tersebut terbagi dalam lima tindak tutur, yaitu tindak tutur ekspresif menyalahkan, tindak tutur ekspresif mengeluh, tindak tutur ekspresif marah, tindak tutur ekspresif bahagia, tindak tutur ekspresif memuji. Penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia jenjang SMA kelas X (Sepuluh) pada materi debat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...