Menulis dianggap ketrampilan berbahasa yang mudah. Namun, menulis teks deskriptif berbahasa Inggris tidak hanya merangkai kata, frase, atau kalimat. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi siswauntuk menulis teks deskriptif berbahasa Inggris melalui media visual otentik. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VII/E SMP Negeri 3 Semarang semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 20 siswa (62,5%) bisa menulis teks deskriptif berbahasa Inggris dengan lebih bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus selama 4 pertemuan. Pada tindakan pertama, siswa mendeskripsikan orang tertentu. Pada tindakan ke dua, siswa mendeskripsikan benda dan tempat tertentu. Penelitian kualitatif dengan metode analisa data triangulasi sumber data menunjukkan hasil bahwa ada peningkatan jumlah siswa mencapai KKM, dari hanya 5 siswa (15,63%), menjadi15 (46,88%) pada Siklus I dan 26 siswa (81%) pada Siklus II. Simpulannya, pembelajaran melalui media visual otentik dapat meningkatkan kompetensi siswa untuk menulis teks deskriptif berbahasa Inggris dengan lebih bervariasi. Kata Kunci: Menulis Teks Deskriptif Berbahasa Inggris; Media Visual Otentik
Copyrights © 2016