Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal cerita diri siswa melalui penerapan metode IOC (Inside Outside Circle). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD yang berjumlah 23 siswa. Metodologi penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, melakukan tindakan, observasi, refleksi. Kesimpulan penelitian adalah Pertama, melalui penerapan metode IOC (Inside Outside Circle) dapat meningkatkan kemampuan mengenal cerita diri pada siswa, peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasil tes tertulis dan tes praktik yang meningkat dan telah memenuhi indikator kinerja. Kedua, melalui penerapan metode IOC dapat meningkatkan ketertarikan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, peningkatan ketertarikan dan keaktifan siswa dilihat dari hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dan telah mencapai kategori aktif. Kata Kunci: Aktivitas Siswa; Mengenal Cerita Diri; Metode IOC (Inside Outside Circle)
Copyrights © 2016