Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI METODE DEMONSTRASI

Werdiningsih, Sri (SDN 01 Rembun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan pecahan dengan menggunakan metode demonstrasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 27 siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, melaksanakan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,17 dengan kriteria tinggi. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 4,0 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran penjumlahan pecahan dapat meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan pecahan. Kata Kunci: Hasil Belajar; Menghitung Penjumlahan Pecahan; Metode Demonstrasi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...