Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 02 Wuluh Kecamatan Siwalan Pekalongan pada kompetensi dasar memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila melalui metode inkuiri pada semester gasal tahun 2010/2011, yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus dilakukan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pada akhir siklus 93,33% siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata hasil belajar 65, ketuntasan belajar klasikal 67%. Siklus II rata-rata tes hasil 78,3 dan ketuntasan belajar klasikal 93,33%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran PKn dan sebaiknya digunakan dalam pembelajaran pada kompetensi dasar memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila. Kata Kunci: Metode Inkuiri, PKn, Meningkatkan Kualitas.
Copyrights © 2016