Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI KEBERSAMAAN DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA MELALUI METODE INKUIRI

-, Sumarni (SD Negeri 02 Wuluh Kec. Siwalan Kab. Pekalongan, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 02 Wuluh Kecamatan Siwalan Pekalongan pada kompetensi dasar memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila melalui metode inkuiri pada semester gasal tahun 2010/2011, yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus dilakukan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pada akhir siklus 93,33% siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata hasil belajar 65, ketuntasan belajar klasikal 67%. Siklus II rata-rata tes hasil 78,3 dan ketuntasan belajar klasikal 93,33%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran PKn dan sebaiknya digunakan dalam pembelajaran pada kompetensi dasar memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila. Kata Kunci: Metode Inkuiri, PKn, Meningkatkan Kualitas.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...