Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang penjumlahan bilangan pecahan pada pembelajaran Matematika kelas IV. Terbukti dari peningkatan pada nilai rata-rata ulangan pada setiap siklus yaitu pra siklus 64,19; siklus I 71,84; dan siklus II 90,19 diikuti juga peningkatan ketuntasan belajar dengan presentase nilai setiap siklus yaitu pra siklus 24%; siklus I 51%; dan siklus II 96%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang penjumlahan bilangan pecahan pada pembelajaran Matematika kelas IV. Kata Kunci: Metode Drill, Bermain Kartu, Prestasi Belajar
Copyrights © 2016