Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

-, Mami (SD Negeri Kudaile 04 Kabupaten Tegal, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2015

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Subjek penelitiannya adalah seluruh guru kelas berjumlah 6 guru terdiri dari 3 guru laki-laki dan 3 guru perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah teknik  non tes. Sesuai dengan materi pembinaan yaitu tentang kemampuan melaksanakan pembelajaran maka alat pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi atau evaluasi dengan skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi akademik bagi guru dapat ditingkatkan. Dari rata-rata nilai pada kondisi awal yang hanya 60  dapat ditingkatkan menjadi 76 (26,67 %) di akhir siklus I dan menjadi sekitar 89,33 (17,54 %) akhir siklus II, dan dari kondisi awal samapai dengan akhir siklus II nilai supervisi meningkat 29,33 point (48,88 %).Kata Kunci: Supervisi Akademik; Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...