Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Subjek penelitiannya adalah seluruh guru kelas berjumlah 6 guru terdiri dari 3 guru laki-laki dan 3 guru perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah teknik non tes. Sesuai dengan materi pembinaan yaitu tentang kemampuan melaksanakan pembelajaran maka alat pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi atau evaluasi dengan skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi akademik bagi guru dapat ditingkatkan. Dari rata-rata nilai pada kondisi awal yang hanya 60 dapat ditingkatkan menjadi 76 (26,67 %) di akhir siklus I dan menjadi sekitar 89,33 (17,54 %) akhir siklus II, dan dari kondisi awal samapai dengan akhir siklus II nilai supervisi meningkat 29,33 point (48,88 %).Kata Kunci: Supervisi Akademik; Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran
Copyrights © 2016