Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan perkalian bilangan cacah pada siswa melalui penerapan metode Make a Match. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) melalui penerapan metode Make a Match dapat meningkatkan kemampuan menghitung perkalian bilangan cacah pada siswa, peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasil tes formatif siswa yang meningkat dan telah memenuhi indikator kinerja, dan (2) melalui penerapan metode Make a Match dapat mendorong siswa lebih senang belajar Matematika, keberhasilan tersebut dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam pembelajaran yang meningkat dan telah mencapai kategori aktif. Kata Kunci: : Kemampuan Menghitung; Metode Make a Match; Perkalian Bilangan Cacah
Copyrights © 2016