Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman tentang pemanfaatan satuan panjang dan berat melalui model pembelajaran talking stick . Subyek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pegandon yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan soal evaluasi yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I rata-rata prestasi belajar untuk ketuntasan belajarnya diperoleh persentase 61,90%. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh rata-rata prestasi belajar 81,40, ketuntasan belajarnya diperoleh persentase 90,47%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan pemahaman tentang pemanfaatan satuan panjang dan berat dalam belajar matematika.
Copyrights © 2016