Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 5 (2016): Edisi Oktober 2016

MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK

Yuwono, Sih (SD Negeri Kalilembu, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis metode kerja kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn, (2) Menganalisis metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kalilembu, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kerja kelompok  dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran PKn sehingga dapat pula meningkatkan hasil belajarnya yang ditunjukkan dari nilai tes evaluasi yang dilaksanakan pada siklus II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...