Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 5 (2016): Edisi Oktober 2016

PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG OPERASI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES

-, Supiyah (SDN 01 Mejasem Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut beda. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Mejasem semester I tahun 2014/2015 yang berjumlah 33 siswa, yaitu 15 putra dan 18 putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah examples non examples. Dilaksanakan dalam dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis antar kasus dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil tindakan pra siklus menunjukkan 24% siswa tuntas, pada siklus I 67%, dan pada siklus II 90% tuntas. Aktivitas siswa juga meningkat terlihat dari sebagian besar siswa aktif dan antusias mengikuti jalannya pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan metode examples non examples dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan menghitung pecahan biasa berpenyebut beda pada siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...