Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut beda. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Mejasem semester I tahun 2014/2015 yang berjumlah 33 siswa, yaitu 15 putra dan 18 putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah examples non examples. Dilaksanakan dalam dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis antar kasus dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil tindakan pra siklus menunjukkan 24% siswa tuntas, pada siklus I 67%, dan pada siklus II 90% tuntas. Aktivitas siswa juga meningkat terlihat dari sebagian besar siswa aktif dan antusias mengikuti jalannya pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan metode examples non examples dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan menghitung pecahan biasa berpenyebut beda pada siswa.
Copyrights © 2016