Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyebutkan nama-nama Rosul Allah SWT, (2) mengetahui apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agarma Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode non tes yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Alat pengambilan data yang digunakan berupa soal-soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Karangdadap, Kabupaten Pekalongan pada semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Group Investigation pada pembelajaran PAI, kemampuan siswa dalam menyebutkan nama-nama Rosul Allah dapat meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan pada siklus II, dan penerapan metode Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas pada saat pembelajaran.
Copyrights © 2016