Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas metode supervisi asasmen antarguru dalam rangka untuk meningkatan kompetensi guru.. Subjek penelitian ini terdiri dari (1) subjek tindakan, yakni peneliti sendiri selaku Kepala Sekolah yang menerapkan supervisi asasmen antarguru; (2) subjek penelian, yang terdiri dari 36 orang guru di SMP Negeri 01 Losari yang berupaya meningkatkan kompetensi mereka dalam memahami dan menyusun bahan ajar. Objek penelitian ini adalah (1) pelaksanaan supervisi asasmen antarguru; (2) kemampuan guru dalam memahami dan menyusun bahan ajar. Data dikumpulan dengan metode pengamatan, yang dilaksanakan melalui instrumen lembar pengamatan. Data dianalisis dengan metode statistik deskriptif. Keberhasilan tindakan diukur dengan kriteria yang telah ditetapkan, yakni semua aktivitas tindakan dinyatakan berhasil > 80% guru mencapai rata-rata kategori nilai sebesar > 4 dengan kriteria bagus atau sangat bagus. Kesimpulan hasil penelitian menyatakan bahwa metode supervisi asasmen antarguru efektif untuk meningkatan kompetensi guru dalam memahami dan menyusun bahan ajar, yang ditunjukkan dengan data 100% guru mencapai rata-rata kategori nilai sebesar 5 dengan kriteria sangat bagus.
Copyrights © 2016