Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 5 (2016): Edisi Oktober 2016

UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KLASIKAL MELALUI PENGGUNAAN INSPIRATIONAL STORY

Rahma, Wahyuni (SMP Negeri 1 Temanggung Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2016

Abstract

Penelitian tindakan ini  dilaksanakan  dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan Inspirational Story dalam meningkatkan minat siswa mengikuti layanan bimbingan konseling klasikal pada siswa SMP Negeri 1 Temanggung Jawa Tengah pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa yang diteliti 29 orang terdiri dari 12 putra dan 17 putri. Manfaat penelitian ini adalah sebagai  pegangan guru dalam meningkatkan minat siswa mengikuti layanan bimbingan konseling klasikal melalui penggunaan Inspirational Story. Metode penelitian tindakan bimbingan konseling ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan  teknik non tes yakni menggunakan angket dan observasi. Angket  digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap layanan bimbingan konseling klasikal dan untuk mengetahui kompetensi berpikir, merasa, bersikap, berbuat, bertanggung jawab melalui Penilaian segera BMB3. Observasi dilakukan untuk mengamati tindakan guru dan sikap siswa dalam  proses layanan bimbingan konseling . Hasil penelitian tindakan bimbingan konseling melalui data kuantitatif  yang dapat dianalisis secara deskriptif ini menyimpulkan bahwa penggunaan Inspirational Story dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan konseling klasikal.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...