Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan Inspirational Story dalam meningkatkan minat siswa mengikuti layanan bimbingan konseling klasikal pada siswa SMP Negeri 1 Temanggung Jawa Tengah pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa yang diteliti 29 orang terdiri dari 12 putra dan 17 putri. Manfaat penelitian ini adalah sebagai pegangan guru dalam meningkatkan minat siswa mengikuti layanan bimbingan konseling klasikal melalui penggunaan Inspirational Story. Metode penelitian tindakan bimbingan konseling ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes yakni menggunakan angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap layanan bimbingan konseling klasikal dan untuk mengetahui kompetensi berpikir, merasa, bersikap, berbuat, bertanggung jawab melalui Penilaian segera BMB3. Observasi dilakukan untuk mengamati tindakan guru dan sikap siswa dalam proses layanan bimbingan konseling . Hasil penelitian tindakan bimbingan konseling melalui data kuantitatif yang dapat dianalisis secara deskriptif ini menyimpulkan bahwa penggunaan Inspirational Story dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan konseling klasikal.
Copyrights © 2016