Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Learning dalam memahami nilai-nilai persatuan, dan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Purwodadi 01 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan subjek penerima tindakan adalah 20 siswa, yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 52%, sedangkan siklus yang kedua mencapai 100 % sedangkan persentase keaktifan siswa pada siklus pertama 51,11% dan siklus kedua 88,44%. Secara statistik terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada siklus pertama, dan kedua sejalan dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Kooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn.
Copyrights © 2017