Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017

PENERAPAN PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Arif B S, Muhammad (Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UPS Tegal Jawa Tengah)
Wirjosoehardjo, Sukoco Kasidjan (Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UPS Tegal Jawa Tengah)
Sudibyo, Hanung (Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UPS Tegal Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2017

Abstract

Urgensi dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru bimbingan dan konseling terhadap panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling serta untuk mengetahui hasil penerapan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling. Perumusan masalah dijabarkan menjadi: (a) Bagaimana tingkat pemahaman guru bimbingan dan konseling terhadap panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling di MGBK SMP Kota Tegal?, (b) Bagaimana hasil penerapan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling di MGBK SMP Kota Tegal?. Jenis metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi angket, observasi dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase yaitu dengan cara skor yang diperoleh dibagi dengan skor total dikalikan 100%. Hasil penelitian menggunakan pengumpul data angket diperoleh persentase sebesar 93,80 % yang berarti guru BK memahami panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa guru BK memahami dan mampu menerapkan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling dalam tugasnya memberikan pelayanan kepada peserta didik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...