Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari 2018

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI GAMES COMPETITION

Nugroho, Setiawan Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2018

Abstract

Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari analisis nilai hasil belajar IPS kelas VII B SMP Negeri 1 Kramat dengan KKM 70, diperoleh 24 siswa atau 75% belum mencapai ketuntasan, sedangkan 8 siswa atau 25% sudah mencapai ketuntasan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi games competition. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 langkah tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif dengan strategi games competition dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa hingga meningkat 8% yaitu dari siklus 1 sebesar 59% dengan kriteria cukup aktif menjadi 67% pada siklus 2 dengan kriteria aktif. Implementasi model pembelajaran kooperatif dengan strategi games competition ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkat menjadi 18,75% yaitu pada siklus 1 sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,5% pada siklus 2.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...