Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 1 (2019): Edisi Januari 2019

UPAYA MEMBANGUN PRESTASI SEKOLAH MELALUI BENCHMARKING TAMOKOSPA STUDI KASUS SD NEGERI TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG

-, Iriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2019

Abstract

SD Negeri Tretep belum memiliki sertifikasi  ISO, selain itu dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan sebagai acuan dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan yang juga belum tersusun secara lengkap. Hal itu terlihat dari dokumen evaluasi belajar dan penilaian yang belum diadministrasikan dengan lengkap, begitu pula dengan kondisi dan karakteristik siswa yang sebagian besar memiliki nilai UN di bawah standar mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk sekolah yang berprestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan strategi “Tamokospa” (Tanggap Masalah Motivasi Komunikasi dan Spiritual).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Tretep dapat meraih nilai UN yang naik secara signifikan dan dipercaya stakeholder, dapat mengikutsertakan guru dalam pelatihan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, pelatihan membuat karya inovatif, dapat memanfaatkan web jateng pinter dan pendidikan dan pelatihan mata pelajaran simulasi digital. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Tomokospa dapat meningkatkan hasil UN meningkat secara signifikan, kompetensi guru meningkat, dipercaya stakeholder. Untuk itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan prestasi sekolah baik peserta didik, guru, maupun pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...