Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)

-, Nurcholis (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2020

Abstract

Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap. Hasil pelatihan melalui pendampingan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP kepada para guru. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun  RPP dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 65% dan pada siklus II mencapai keberhasilan 90%. Jadi, terjadi peningkatan 35% dari siklus I.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...