Pada umumnya para siswa taman kanak-kanak jumlah anak yang mampu mengenal lambang bilangan belum banyak. Hal ini dikarenakan tidak mau mengikuti pembelajaran, takut, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal kemampuan mengenal bilangan 1-20 melalui kemampuan mengenal bilangan 1-20 melalui media pohon hitung. Penelitian yang digunakan adalah penilaian tindakan kelas. Dengan 2 siklus Lokasi penelitian dengan subjek berjumlah 15 anak, yang terdiri atas 10 perempuan dan 5 anak laki laki. Pada siklus pertama dalam tindakan penelitian sudah ada peningkatan tapi belum begitu besar dan berarti pada siklus pertama sudah meningkat sekitar 33,3 % atau 5 anak meningkat sesuai harapan, 33,3 % atau 5 anak mulai meningkat, dan 33,3 % atau 5 anak yang belum meningkat. Hasil penelitian siklus kedua sudah meningkat sekitar 80 % atau 12 anak yang meningkat sesuai harapan, 13,3 % atau 2 anak yang mulai meningkat, dan 6,7 % atau 1 anak yang mengenal kemampuan mengenal bilangan 1-20 nya belum meningkat.
Copyrights © 2020