Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020

PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

-, Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2020

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw, meningkatkan rasa ingin tahu siswa meningkatkan ketuntasan belajar menjadi 76%. Sintaks model pembelajaran partisipatif diawali dengan pendahuluan, pembentukan kelompok kecil, kerja kelompok, dan presentasi kelompok. Hasil penelitian dari hasil prestasi belajar siswa pra siklus rata-rata 63,21 (53,57 %)  menjadi 68,21(67,86%). Pada siklus I, meningkat lagi pada siklus II yaitu 75,07 (78,57%). Sedangkan rasa ingin tahu siswa dari pra siklus rata-rata 4,38 (kategori rendah) menjadi 6,13 (kategori sedang) pada siklus I, meningkat  lagi pada siklus II yaitu 7,88 (kategori Baik) Berdasarkan hasil-hasil di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw meningkat, kemampuan rasa ingin tahu siswa meningkat dan ketuntasan belajar sudah mencapai indikator 76%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...